muter

Laman

Dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: Kami mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

(( مَنْ كانت الدنيا هَمَّهُ فَرَّق الله عليه أمرَهُ وجَعَلَ فَقْرَهُ بين عينيه ولم يَأْتِه من الدنيا إلا ما كُتِبَ له، ومن كانت الآخرةُ نِيَّتَهُ جَمَعَ اللهُ له أَمْرَهُ وجَعَلَ غِناه في قَلْبِه وأَتَتْهُ الدنيا وهِيَ راغِمَةٌ

“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)“.

HR Ibnu Majah (no. 4105), Ahmad (5/183), ad-Daarimi (no. 229), Ibnu Hibban (no. 680) dan lain-lain dengan sanad yang shahih, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, al-Bushiri dan syaikh al-Albani.

Selasa, 31 Desember 2013

Camilan sehat bagi Anda yang suka ngemil

       Banyak orang dewasa menghindari kegiatan ngemil. Katanya sih bisa bikin perut jadi buncit serta menghancurkan program diet yang telah mereka jalani secara mati-matian. Ternyata ngemil tidak selalu merusak kesehatan kok. Ada beberapa camilan sehat yang masih bisa Anda nikmati, yakni:

1. Sayuran dan buah-buahan segar
2. Popcorn tawar (tidak berbumbu)
3. Yogurt
4. Keju dan cracker
5. Butter kacang pada batang seledri
6. Sereal berprotein tinggi dengan susu skim

Camilan buatan rumah
Anda bisa membuat camilan sendiri di rumah. Lebih sehat, bukan? Bebas bahan pengawet dan bahan-bahan kimia berbahaya yang akhir-akhir ini marak ditemui di pasaran. Granola adalah camilan sehat yang bisa Anda buat di rumah. Itu terbuat dari gandum, buah-buahan kering, kacang, dan kelapa. Semua Anda aduk sampai merata. Kemudian berikan madu dan minyak canola (minyak berkadar asam erukat dan glukosinolat rendah). Aduk kembali. Pangganglah adonan tersebut pada suhu 350 derajat selama 45 menit hingga kecoklatan.

Camilan sehat di Restoran
Janganlah paranoid untuk ikut acara makan-makan di luar rumah, khususnya restoran. Anda hanya perlu sedikit teliti untuk memilih menu. Jangan asal pilih ini itu. Anda harus jeli saat menentukan menu yang Anda inginkan. Pertimbangkan terlebih dahulu tingkat kesehatannya, contohnya, camilan seperti salad dengan sedikit dressing, kentang panggang tanpa topping, dan kebab ukuran setengah porsi.

Camilan sehat diperjalanan
Saat sedang berkendara, Anda pasti tak nyaman dengan rasa perut yang keroncongan. Janganlah lupa untuk tetap menyimpan beberapa stok camilan sehat di mobil Anda, misalnya, beberapa batang granola, air mineral, dan kacang.

Camilan sehat saat bekerja
Tantangan paling berat adalah saat Anda bekerja. Mengapa? Anda dituntut untuk lebih aktif dalam mengontrol makanan yang masuk ke perut. Sementara itu, banyak godaan yang terus menghampiri Anda. Teman sekantor selalu membujuk Anda untuk makan junk food atau jajan sembarangan. Belum lagi aneka menu pada acara jamuan kantor. Pastilah kenyataan itu membuat Anda langsung dilema. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bahaya camilan "jahat". Pertama, rajinlah menyuplai camilan sehat dalam tas Anda. Kedua, bawalah camilan itu kemanapun Anda pergi, khususnya pada saat acara jamuan kantor. Dengan demikian, Anda terbebas dari rasa was-was yang meliputi Anda seharian di kantor.

Camilan itu tak selamanya "berbahaya" bagi kesehatan Anda, khususnya pada masalah kegemukan. Semua tergantung Anda sebagai konsumen. Jadi, pilihlah camilan sehat yang memang berguna bagi kesehatan tubuh Anda.

sumber: http://www.merdeka.com/gaya/camilan-sehat-bagi-anda-yang-suka-ngemil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar